Kamis, 24 Juni 2021

Bentuk Instrumen Investasi Yang Tepat Untuk Investor Pemula

 


Investasi merupakan sebuah istilah yang sudah umum di dengar. Investasi adalah bentuk menanamkan modal pada suatu badan atau perusahaan tertentu dengan mengharapkan keuntungan modal yang sudah di berikan. Investasi di Indonesia sudah banyak dipakai dalam berbisnis maupun dalam jaminan yang digunakan saat sudah menjalani masa tua.

Melakukan investasi sebenarnya harus memahmi beberapa aturan yang perlu diperhatikan agar investasi yang dijalankan menjadi berhasil dan tidak mengalami kendala atau mala merugikan, penting sekali mempunyai pengetahuan dalam berinvestasi agar tidak tertipu atau mengalami kerugian yang justru membuat modal yang sudah anda investasikan tidak kembali. Bagi para investor yang sudah lama melakukan investasi, tentu hal itu bisa diatasi dengan pengalaman dan pengetahuan yang mereka sudah kuasai. Jika anda yang masih belum mengenal dunia investasi, akan tetapi ingin menekuni dunia investasi maka bukan hal sulit, anda hanya perlu belajar dan mendalami tentang cara berinvestasi yang baik dan benar sebelum melakukan investasi. Kurangnya pengetahuan bisa menjadi faktor terjadinya tindakan penipuan yang berkedok investasi, penipuan yang berkedok investasi dimasa sekarang sudah marak menjamur di berbagai wilayah di Indonesia dan sudah banyak korban yang diperdaya para oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Para oknum  tersebut biasanya memperdaya para korban yang ingin berinvestasi namun masih kurang memahami tenatang cara berinvestasi yang baik.

Dalam berinvestasi ada pilihan jenis investasi yang mungkin bisa anda pilih diantaranya adalah jenis investasi jangka pendek dengan jenis investasi jangka panjang. Untuk jenis investasi jangka pendek modal yang anda keluarkan biasanya tidak terlalu besar dan mempunyai waktu penarikan yang berkisar dari 1 tahun dan kurang dari 3 tahun, untuk keuntungan yang dihasilkan dari investasi jangka pendek juga tidak terlalu besar akan tetapi bisa anda pakai saat anda masih menjadi investor pemula. sedngkang jenis kedua adalah investasi jangka panjang, jenis investasi ini mempunyai waktu penarikan modal pada batas 3 tahunan dan bisa di atas 3 tahun, untuk keuntungan yang didaptkan juga lebih besar jika dibandingkan dengan investasi jangka pendek. Jika anda ingin melakukan investasi, adapun beberapa instrument investasi yang perlu anda pahami diantaranya

·         Deposito

·         Logam mulia

·         Reksa dana

1.       Deposito

Deposito menjadi jenis investasi jangka pendek yang dilakukan oleh bank, jenis investasi ini membutuhkan jangka waktu penarikan yang tidak terlalu lama sekitar dibawah 1 tahunan. Untuk penarikan modal investasi bisa diambil atas ketentuan waktu yang dusad ditetapkan sebelumnya oleh pihak bank, dan jika diambil tidak sesuai waktu atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan maka anda akan dikenai sanksi oleh pihak bank tersebut.

2.       Logam mulia

Logam mulia adalah jenis investasi jangka panjang yang cocok dan tepat dipakai investasi bagi para investor pemula, karena jumlah harga logam mulia setiap tahunya mengalami kenainkan yang sangat signifikan, jika anda membeli kalung emas 1 gram dan menyimpan emas tersebut kemudia menjual di tahun berikutnya maka harga jual emas tersebut akan jauh lebih tinggin dengan harga belie mas sebelumnya. Jenis investasi ini mempunyai resiko yang sedikit bahkan tidak ada resiko jadi bisa menjadi salah satu inestasi yang bisa dilakukan oleh investor pemula.

3.       Reksa dana

Reksa dana adalah jenis investasi yang dilakukan dengan cara anda memberikan modal investasi kepada badan pengolah investasi yang nantinyanuang yang anda berikan akan dikelola oleh manajer investasi dan akan membuat anda tidak perlu memerlukan uang yang anda investasikan karena sudah dikelola oleh orang yang sudah lebih ahli dalam dunia investasi. Reksa dana merupakan jenis investasi jangka pendek yang mempunyai resiko yang rendah.


EmoticonEmoticon