Selasa, 10 Desember 2019

Tips Perawat Kulit Kepala yang Ampuh untuk Wanita Berjilbab



Alhamdulillah patut kita panjatkan rasa syukur kepada Alloh karena kini semakin banyak wanita yang berhijrah dan mulai mengenakan jilbab. Namun tidak sedikit wanita berjilbab yang kurang memperhatikan kesehatan kulit kepala dan rambut. Banyak alasan seperti toh tidak terlihat atau tidak punya waktu. Padahal kulit kepala dan rambut sangat sangat perlu untuk dijaga khususnya bagi para pengguna jilbab, karena rambut dan kulit kepala yang setiap hari ditutup lama kelamaan akan membuat rambut mudah rontok, patah, lembek, lembab, dan berketombe. Kalo sudah terjadi hal demikian sangat mengganggu bukan? Bahkan kadang akan muncul rasa gatal yang membuat kita malu saat gatal menyerang dan kit sedang berada di antara banyak orang, bagaimana cara menggaruknya. Tuh makanya kita harus menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut kita ya sister Fillah. Berikut tips-tips perawatan kulit kepala dan perawatan rambut yang dapat anda lakukan dengan mudah: 

1. Gunakan shampo dan kondisioner khusus untuk wanita berjilbab

Menggunakan shampo dan kondisioner khusus untuk rambut berjilbab sangat menguntungkan bagi kita. Mengapa demikian? Karena shampo dan kondisioner yang didesain khusus untuk wanita berjilbab memiliki kandungan bahan herbal seperti daun mint, jeruk nipis, atau daun teh yang mana bahan-bahan tersebut akan memberikan sensasi dingin pada kulit kepala dan rambut anda. Sehingga anda akan tetap merasa sejuk mesti seharian rambut dan kulit kepala anda tertutup oleh jilbab. Selain itu keramas dua hari sekali juga akan mengurangi risiko terjadi kerusakan pada rambut. Anda juga dapat menambahkan pemakaian tonik pada rambut dan kulit kepala anda setelah anda keramas. 

2. Saat keramas gunakan air yang tepat

Saat keramas usahakan menggunakan air yang ruam-ruam kuku yaitu tidak terlalu panas dan juga tidak dingin. Air yang ruam-ruam kuku ini akan membantu membuka pori-pori di kulit kepala anda. Kalau pori-pori terbuka kotoran, ketombe, dan minyak yang menempel di kulit kepala akan mudah rontok sehingga kulit kepala akan menjadi bersih. Setelah keramas bilaslah kepala anda menggunakan air yang dingin. Air yang dingin ini memiliki fungsi untuk menyegarkan bagian kepala anda dan juga untuk menutup kembali pori-pori yang sudah terbuka. 

3. Gunakan jilbab saat rambut sudah benar-benar kering

Selesai keramas pastikan rambut anda sudah benar-benar dalam keadaan kering. Karena jika dalam keadaan basah atau setengah kering dan anda menutupnya dengan jilbab rambut anda akan menjadi mudah berketombe, lembab, lepek, dan bau. Anda dapat mengeringkan rambut dengan cara mengangin-anginkan atau menggunakan hair dryer. Tapi ingat jika menggunakan hair dryer pastikan suhu nya tidak terlalu panas karena suhu yang terlalu panas akan membuat rambut anda kering dan rusak.

4. Jangan terlalu kuat saat mengikat rambut

Ikat rambut yang terlalu kuat akan merusak rambuh, membuat rambut mudah rontok dan patah, serta akan membuat kulit kepala menjadi lembab. cukup ikat agak longgar dan gunakan ikat rambut yang terbuat dari kain kaos, jangan gunakan ikat rambut yang terbuat dari bahan karet atau bahan yang tidak menyerap keringat yang lain. 

5. Sisir rambut sebelum menggunakan jilbab

Sisirlah rambut anda sebelum mengenakan jilbab, karena dengan menyisir rambut, rambut akan tertata rapi sehinnga tidak mudah kusut, rontok, dan patah. Serta gunakanlah sisir yang memiliki gigi-gigi yang jarang dan lembut. Gigi-gigi tersebut dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala anda.


EmoticonEmoticon