Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Proses Rigging dan Berbagai Macam Jenis Peralatan Yang Dibutuhkan

 

Aktivitas memindahkan barang dengan ukuran besar ternyata memang tidak bisa dilakukan secara manual. Salah satu metode yang biasanya digunakan adalah rigging. Dimana dalam aktivitas inilah akan membutuhkan tali seperti wire rope, webbing sling, hingga sling. Proses inipun juga harus sistematis, terencana sekaligus terstruktur dengan baik.

Dalam proses menggunakan alat besar seperti crane tentu akan membutuhkan beberapa pihak yang mempunyai peran masing-masing. Adapun beberapa pihak itu seperti rigger, operator crane hingga signalman. Ini adalah salah satu metode yang sangat penting dalam dunia konstruksi dan hanya orang-orang khusus dan berkompeten dimana dapat mengoperasikannya.

Daftar Pihak Penting Dalam Proses Rigging

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kegiatan rigging inipun memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab hanya pihak-pihak tertentu saja yang diperolehkan buat terlibat dalam kegiatan pengangkatan tersebut.

Tidak sampai disitu saja, pihak itulah juga harus professional sekaligus berkompeten dalam menjalankan pekerjaan sesuai bidangnya. Nah, beberapa pihak penting yang terlibat dalam kegiatan tersebut diantarnya adalah sebagai berikut.

1.       Rigger

Pertama adalah rigger dimana mempunyai fungsi penting berkaitan dengan kemampuan dan keahlian dalam mengikat barang. Tidak sampai disitu saja, seorang rigger inilah diwajibkan mempunyai pengetahuan seputar peralatan ringing seperti wire rope, shackle, swivel, hammerlock, eye bolt dan lain sebagainya.

2.       Signalman

Berikutnya yakni signalman yang diwajibkan mempunyai kompetensi khusus dimana akan menggunakan rompi berwarna cerah serta tugasnya memberikan sinyal ataupun abal-abal kepada pihak operator crane. Kehadirannya juga punya tugas utama yakni memastikan jalur lifting bisa dilalui dengan baik.

3.       Operator Crane

Hanya orang-orang dengan lisensi atau sertifikat dimana mampu memegang peran sebagai seorang operator crane dalam menjalankan alat berat. Itu bukan tanpa alasan karena kehadiran dari operator crane punya peran penting dalam kegiatan rigging. Mereka diwajibkan memahami kondisi tanah, pusat gravitasi hingga ketepatan dalam pengangkatan.

Alat-alat Yang Digunakan Dalam Rigging

Sudah tahu bukan siapa sajakah yang mempunyai peran cukup penting dalam kegiatan rigging satu ini? agar kegiatan inipun dapat berjalan dengan optimal, maka membutuhkan beberapa peralatan diantaranya adalah

1.       Shackle

Shackle adalah alat bantu pengait dengan tugas menghubungkan mata sling dan objek tertentu dari bahan steel. Sebagai contohnya adalah objek dengan bentuk bulat atau lingkaran maka diwajibkan menggunakan shackle. Kelebihannya adalah dapat dibuka sekaligus dipasang kembali dengan mudah.

2.       Wire Rope

Berikutnya adalah wire rope ini yang bisa ditemukan pada ujung tali agar tidak bisa lepas dan tertahan selama proses rigging. Terdapat Beberapa jenis wire rope seperti forged, stainless steel hingga fist clips.

3.       Swivels

Alat penting lainnya yang biasanya digunakan dalam kegiatan rigging yakni swivels dengan fungsi buat menjaga sling agar tidak mudah kusut ketika proses pengangkatan. Untuk mengenalnya, anda dapat melihat bentuknya seperti cincin dan kedua bagiannya dapat berputar secara bersamaan.

4.       Hook

Merupakan pengait yang dapat digunakan buat mengangkat beban dengan ukuran berat. Agar barang tetap aman ketika lifting maka terdapat pengaman sehingga talinya tidak akan mudah lepas dari hooknya.

5.       Loadbinder

Kehadirannya mempunyai peran cukup penting dalam mengakhiri kegiatan rigging ini. Sebab loadbinder memiliki peran buat mengencangkan bagian wire, swing hingga chain selama proses pengikatannya.

Kegiatan pengangkatan diatas memang membutuhkan berbagai macam alat agar bisa optimal dan selesai. Untuk memberikan kemudahan proses rigging, jangan lupa dapatkan berbagai equipment dari asmarine.com saja.