Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan Jasa Iklan Online di Dunia

Perkembangan jasa iklan online merupakan salah satu perkembangan media iklan paling cepat sepanjang sejarah. Sekarang, Anda mengalami bahwa Anda tidak bisa terlepas dari hinggapan iklan online setiap harinya, walaupun terkadang Anda tidak menyadari kehadiran iklan online tersebut. Seperti iklan yang ada pada sebelum tayangan video YouTube ataupun pada saat melakukan scroll menikmati konten-konten di Instagram. Sudah banyak sekali jasa iklan online yang digunakan oleh banyak produsen di masa kini.

Kehadiran jasa iklan online tidak lain tidak bukan karena kehadiran dunia internet yang memang pada awalnya ditujukan untuk perkembangan dunia militer dan pendidikan. Memang internet pada awalnya tidak ditujukan untuk sebuah jaringan besar yang seperti sekarang kita ketahui. Namun kenyataannya, sebuah jaringan yang besar terkomunikasi tentu bisa menjadi mesin uang bagi mereka yang memiliki ide kreatif dan menjual.

Alhasil, internet dapat dinikmati oleh berbagai khalayak ramai dan turut mengubah pola promosi termasuk hadirnya jasa iklan online. Pertama kali iklan online muncul melalui sebuah email yang dilakukan secara berulang-ulang atau bisa kita katakana spam pada saat ini. Spam sendiri merupakan kata yang diambil dari sebuah sketsa komedi pada tahun 70an dari sebuah komedi Inggris yang berjudul ‘Monthy Python’. Dalam sebuah sketsanya, sepasang suami dan istri berada di sebuah restoran dan melakukan pemesanan berkali-kali. Namun naasnya, segala sesuatu yang mereka pesan terdapat spam di atasnya. Ketika mencoba mendapatkan pesanan tanpa spam di atasnya, orang-orang bertopi Viking malah bernyanyi: “Spam, spam, spam. Lovely spam, wonderful spam!”

Fenomena inilah yang kemudian diadopsi oleh pengguna internet terdahulu untuk membanjiri forum dengan kata spam. Para pemasarpun turut mendapatkan inspirasi dengan cara menyebarkan email atau mengaitkan sebuah iklan ke dalam email mereka. Kendati inilah yang dilakukan para pemasar di era terdahulu, maka tercatat hal tersebut sebagai layanan jasa iklan online yang pertama kali digunakan di dunia. Tercatat email spam atau jasa iklan online pertama kali yang lahir pertama kali di dunia adalah email dari ‘Arphanet’ pada tahun 1978 yang berasal dari Gary Thuerk dari Digital Equipment Corporation.

Tercatat hingga saat ini para pemasar mengubah layanan jasa iklan online mereka dalam bentuk spam email sebanyak lebih dari 90 juta email perhari. Jadi bisa dikatakan, 85% email yang kita terima setiap harinya bisa jadi spam yang dilakukan oleh para pemasar. Namun, banyak orang pada saat ini telah mengetahui bahwa hal tersebut merupakan spam dan tingkat produktivitas dari layanan jasa iklan online tersebut rendah. Namun, tetap para pemasar menggunakan layanan jasa iklan online tersebut demi sebuah keekslusifan walaupun konversi yang mereka dapatkan sedikit.

Selanjutnya, masuk pada era baner digital dimana layanan jasa iklan online pada tahun 1994 muncul di web. Namun dalam beberapa tahun selanjutnya layanan ini diakuisisi oleh raksasa mesin pencari Google. Selanjutnya metode iklan banner ini banyak dilakukan hingga saat ini. Bahkan Google pun menciptakan yang namanya Google Display Network yang bisa diakomodir oleh setiap pemilik website di seluruh dunia. Mereka bisa menggunakan layanan tersebut untuk mempromosikan beragam barang ataupun layanan jasa mereka.

Hingga pada akhirnya kita mengetahui layanan jasa iklan online dalam beragam bentuk pada situs-situs besar di dunia seperti Youtube, Facebook, Instagram serta Twitter.


Posting Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Jasa Iklan Online di Dunia"